5w 1h telematika

1. What : apa yang dimaksud dengan telematika ?

Berikut beberapa definisi yang saya dapat dengan browsing melalui internet.
Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan informatika

Definition of telematics : the branch of information technology which deals withthe long-distance transmission of computerized information.

Telematics is the blending of computers and wireless telecommunicationstechnologies, ostensibly with the goal of efficiently conveying information over vastnetworks to improve a host of business functions or government-related publicservices. The most notable example of telematics may be the Internet itself, since it depends on a number of computer networks connected globally through telecommunication backbones.

sehingga dapat disimpulkan bahwa telematika atau telekomunikasi dan informatika adalah cabang teknologi informasi berhubungan dengan trasmisi jarak jauh yang terkomputerisasi. telekomunikasi merupakan perpaduan antara komputer dan jaringan nirkabel yang memudahkan penyaluran informasi, misal pada fungsi bisnis atau pemerintahan yang berhubungan dengan pelayanan publik. istilah telematika  sering digunakan dalam berbagai bidang seperi : transportasi, teknologi , pemerintahan, ekonomi, pendidikan, dan lain sebagainya. contoh dari telematika yang paling mudah dipahami adalah internet, karena bergantung pada sejumlah komputer yang terhubung secara global melalui telekomunikasi.

2. Who : siapa yang menggunakan telematika ?
siapapun dapat menggunakannya, mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa.

3. When : Kapan telematika diperlukan/digunakan ?
setiap waktu, karena kebutuhan akan informasi yang selalu berubah-ubah dan
 up todate setiap waktunya

4. Where : dimana telematika digunakan ?
telematika digunakan pada barang-barang elektonik seperi handphone, komputer,. Beberapa dari barang elektonik tersebut ada yang perlu menggunakan jaringan nirkabel, satelit, dan internet.

5. Why : kenapa telematika diperlukan/digunakan ?
seiring dengan perkembangan zaman dimana kebutuhan mendapatkan informasi yang cepat, akurat dan
 up to date meningkat, karenanya, kebutuhan penggunaan telematika tidak dapat dipungkiri lagi. misal :
* pada bidang transportasi, penggunaan telematika dapat memberikan informasi jalur tercepat dan termudah dalam berkendara juga dapat melacak keberadaan suatu kendaraan (penggunaan GPS).
* pada bidang pemerintahan, penggunaan telematika dapat mendukung kegiatan pemerintah dalam memberikan pelayanan prima (misalkan : e_goverment) dan lain sebagainya.

6. How : Bagaimana telematika digunakan ?
Perkembangan Telematika sebelum dan sesudah internet muncul. Banyak cara mengenai cara bagaimana telematika itu digunakan. Sebelum ada internet media untuk telematika hanya berupa radio, pager, televisi, telegraf, dan telepon. Untuk berkomunikasi baik lokal maupun internasional tentunya masih sulit, karena biaya mahal, bahkan untuk mengirim surat butuh waktu yang cukup lama. Setelah muncul internet untuk melakukan komunikasi menjadi lebih mudah, mencari bahan untuk belajar juga lebih mudah. Setelah ada internet berkomunikasi bisa lebih cepat dan lebih murah, kita tidak perlu membayar tarif telepon internasional yang mahal bahkan bisa melakukan chatting dan video call. Mengirim surat juga bisa sampai sangat cepat dengan menggunakan email.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengatur Warna Image Pada Adobe Photoshop CS 3

Instalasi PHP dengan Apache2triad

Syukuri yang terindah