Etika dan Profesionalisme

ETIKA dan PROFESIONALISME

Pengertian ETIKA
Etika berasal dari bahasa yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan. Etika berkaitan dengan perkataan moral dan adat kebiasaan yang merupakan cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik, dan menghindari hal-hal yang tindakan yang buruk. Etika dan moral kurang lebih sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari adanya perbedaan yang berupa moral dan moralitas yang dapat dinilai dari perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

Tujuan ETIKA
Mendapatkan gambaran mengenai penilaian baik atau buruknya bagi semua manusia dalam watu dan ruang tertentu. Yang dimaksud baik disini adalah bila mendapatkan suatu rahmat dan memberikan perasaan senang atau bahagia yang dapat dikatakan baik bila dihargai secara positif) dan yang dimaksud buruk adalah perbuatan buruk yang berarti adanya pertentangan dengan norma-norma masyarakat tertentu.

Pengertian dan Definisi dari para ahli dalam pokok perhatiannya yang dibahas tentang ETIKA
1.      Merupakan prinsip-prinsip moral yang termasuk ilmu tentang kebaikan dan sifat dari hak.
2.      Pedoman perilaku, yang diakui berkaitan dengan memperhatikan bagian utama dari kegiatan manusia.
3.      Ilmu watak manusia yang ideal, dan prinsip-prinsip moral sebagai individual.
4.      Merupakan ilmu mengenai suatu kewajiban.

Pengertian PROFESI
Belum adanya pendefinisian atau artian yang bisa diambal dari kata profesi. Ada yang mengatakan bahwa profesi adalah jabatan walaupun jabatan yang dipegang bersifat komersial. Profesi yang sudah dikenal yaitu kedokteran, hukum, pendidikan, dan masih banyak yang lain.

PROFESIONALISME
Adapun ciri-ciri dari profesionalise itu sendiri adalah:
1.      Adanya keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang tertentu atau kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam tugas yang bersangkutan.
2.      Mempunyai ilmu dan pengalaman adalah suatu hal yang penting untuk menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat.
3.      Mempunyai sikap yang berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya.
4.      Punya sikap yang mandiri dimana keyakinan dan kemampuan pribadi serta mau terbuka dalam menyimak dan menghargai pendapat orang lain.

Tujuan Kode ETIKA dan PROFESIONALISME
Prinsip yang akan dirumuskan dalam suatu profesi akan berbeda dikarenakan adanya perbedaan adat, kebiasaan, kebudayaan, dan peranan tenaga ahli yang didefinisikan dalam suatu negara.
Adapun yang menjadi tujuan pokok dari rumusan etika yang sudang dituangkan dalam kode etika dan profesi adalah:
1.      Standart-standart etika yang menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab terhadap klien, masyarakat, dll.
2.      Standart-standart etika yang membantu tenaga ahli profesi dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat kalau menghadapi dilema dalam pekerjaan.
3.      Standart-standart etika membiarkan profesi menjaga reputasi atau nama dan fungsi-fungsi profesi dalam masyarakat.
4.      Standart-standart etika yang menggambarkan pengharapan moral-moral dari komunitas.
5.      Standart-standart etika yang merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari tenaga ahli.
6.      Yang perlu diinget bahwa kode etik profesi tidak sama dengan hukum.

Kesimpulan :
Etika dan Profesionalisme berkaitan erat dimana etika adalah ilmu yang membahas tentang perbuatan baik atau buruknya seseorang yang tidak dapat dipahami oleh pikiran manusia lain karena memiliki budaya dan adat yang berbeda sehingga berpengaruh dengan adanya profesionalisme dimana jika etika yang dimiliki baik maka dalam profesionalisme yang dimiliki juga baik tetapi jika dalam etika yang dimiliki buruk jarang ditemukan seseorang dengan profesionalisme yang baik juga.

Saran :
Jadilah seseorang baik dimanapun kalian harus memiliki yang namanya etika dan profesionalisme yang baik juga karena akan menaikan derajat dan harga diri seseorang dalam dunia kerja dan masa depan.

Kelebihan :
Etika dan Profesionalisme itu baik untuk diri sendiri bagaimana pun orang yang menerapkan kedua hal itu adalah orang yang dapat mengatur diri dan pola hidup mereka sendiri dan baik dalam bertutur kata yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak mempunyai kedua hal penting itu.

Kekurangan :
Adapun kekurangan pada Etika dan Profesionalisme terletak kepada banyak nya rasa tidak enak kepada orang lain meskipun orang itu salah dan memiliki keteraturan dalam hidup yang mementingan sesuatu hal ketimbang yang lain.

Referensi :
http://adikusdianto.blogspot.com/2010/06/etika-dan-profesionalisme.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengatur Warna Image Pada Adobe Photoshop CS 3

Instalasi PHP dengan Apache2triad

Syukuri yang terindah