.breadcrumbs { border-bottom:1px dotted #000; margin:2em 0 0.5em; padding:0 0 0.5em; }

Penggunaan clone stamp tool dan custom shape tool pada adobe photoshop cs 3

A.    Menggunakan Clone Stamp Tool

Clone Stamp Tool berfungsi untuk membuat salinan dari bagian gambar yang telah ditentukan (dibuat titik sampel). Clone Stamp dapat digunakan untuk memperbaiki gambar ataupun sekedar membuat kembaran dari subjek gambar yang berada dalam foto. Guna panel ini pada dasarnya adalah untuk menyimpan titik sampel yang dibuat dengan Clone Stamp Tool. Namun tidak hanya itu, user juga dapat memodifikasi titik sampel tersebut misalnya diputar atau diperkecil ukuran sewaktu proses cloning (proses pembuatan salinan gambar). Berikut langkah-langkah yang dilakukan :
1.      Bukalah gambar yang akan diberi efek melalui menu File > Open.
2.      Akan muncul menu pilihan gambar pada kotak dialog Open. Pilih salah satu gambar lalu klik OK maka akan tampil gambar tersebut.
3.      Aktifkan Clone Stamp Tool pada Toolbox. Pastikan memilih Blending mode Normal, Opacity = 100% dan Sample = Current Layer.
4.      Tentukan titik sampel dengan Alt+klik pada gambar.
5.      Setelah itu tinggal klik dan drag disebelah gambar untuk membuat clone dari gambar. Karena opsi Aligned aktif, user dapat mengulang proses klik dan drag tanpa harus kuatir gambar berulang dari awal.
6.      Tampilkan panel Clone Source melalui menu Window > Clone Source atau klik icon dari collapsible panel yang tampil.
7.      Dalam Clone Source, user dapat menyimpan hingga lima titik sampel. Titik sampel yang baru saja user buat secara otomatis tersimpan pada clone yang pertama.
8.      Klik tombol Clone Source yang kedua, ulangi mengambil titik sampel pada gambar.
9.      Sekarang perkecil nilai Width dan Height sebanyak 50%. Bila diinginkan, user dapat memutar gambar clone dengan mengisi nilai pada kotak isian rotate.
10.  Selanjut klik dan drag pada jendela dokumen untuk membuat clone gambar. Karena nilai width dan height diperkecil, maka clone gambar dibuat lebih kecil sebanyak 50%

Catatan :
   Pengubahan blending mode akan mempengaruhi warna clone, sedangkan Opacity menentukan tingkat transparasi clone, bila nilainya dibawah 100% maka gambar clone akan tampil transparan.

b.    Menggunakan Custom Shape Tool
      Berisikan tentang bentuk shape siap pakai. Custom Shape Tool merupakan
yang cukup unik Custom Shape Tool sering digunakan kalangan remaja saat mengedit gambar, atau menambahkan objek yang terdapat di dalam Custon Shape tool ke dalam gambar. Selain memilih stage yang telah disediakan, user juga dapat membuat shape sendiri untuk digunakan dilain waktu. Berikut langkah-langkah yang sering dilakukan :
1.      Seperti biasa yang dilakukan membuat sebuah dokumen baru dari dalam Photoshop dengan ukuran yang diinginkan.
2.      Aktifkan Custom Shape Tool dari Toolbox.
3.      Pilih bentuk shape yang user inginkan melalui Option bar.
4.      Untuk membuat shape tersebut, klik dan drag pada lembar kerja dengan menggunakan Custom Shape Tool. Agar bentuk shape tetap proposional (tidak menjadi lonjong atau gepeng), tahan Shift sewaktu membuat.
5.      User dapat menampilkan shape lain yang tersembunyi melalui option bar.
6.      Pada kotak dialog yang tampil, pilih Append untuk menambah daftar shape baru ke dalam daftar shape yang telah ada.
7.      Sekarang pada option bar, terdapat beberapa shape baru yang ditambahkan. Klik pada salah satu custom shape tersebut untuk menggunakan.

Posting Terkait



0 Response to "Penggunaan clone stamp tool dan custom shape tool pada adobe photoshop cs 3"

Poskan Komentar